Pendirian PT

Pendirian PT

DEFINISI, MANFAAT, SYARAT MENDIRIKAN PERSEROAN TERBATAS (PT).

CV. Utama Jaya Bermitra adalah Konsultan Perizinan yang memberikan jasa untuk Pendirian PT, pembuatan PT dengan proses yang cepat dan harga murah terjangkau.

Jika salah dari kalian ingin mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT), perhatikan pembahasan berikut ini.

Kita awali dengan pengertian Perseroan Terbatas (PT). Perseroan Terbatas atau biasa disebut PT adalah suatu badan usaha yang didirikan berdasarkan aturan di Indonesia, yakni UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Di Indonesia ada beberapa badan usaha, namun yang paling umum adalah perseroan terbatas (PT). Bentuk badan usaha lainnya yang di akui diantaranya ada Persekutuan Komanditer (CV), Firma, dan Koperasi.

PENTING MENGURUS LEGALITAS USAHA.

Legalitas perusahaan dalam kegiatan bisnis penting untuk dimiliki karena merupakan jati diri yang menegaskan suatu usaha agar nantinya di akui oleh masyarakat dan negara. Legalitas perusahaan harus sah di mata hukum dengan di lindungi berbagai dokumen yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Beberapa Manfaat Jika Memiliki Badan Usaha Diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai sarana perlindungan hukum

    Dengan mendirikan badan usaha berarti bisnis Anda telah memiliki izin usaha dan dengan izin usaha, seorang pengusaha telah sedini mungkin menjauhkan kegiatan usahanya dari tindakan pembongkaran dan penertiban. Hal tersebut berefek memberikan rasa aman dan nyaman akan keberlangsungan usahanya. Legalisasi merupakan sarana yang disediakan oleh pemerintah agar kenyamaan dalam melakukan kegiatan usaha dirasakan oleh para pelakunya.

  • Sarana promosi

    Dengan mengurus dokumen-dokumen hukum tentang kegiatan usaha, secara tidak langsung pengusaha telah melakukan serangkaian promosi. Mengapa demikian? Pencatatan izin usaha di lakukan beberapa tahapan lokasi, pertama melalui kantor kelurahan atau kantor kecamatan dst. Jadi setelah izin usaha dan dokumen-dokumen lainya telah selesai, promosi secara inventaris dan administratif mulai dapat di lakukan. Sebagai usaha yang telah terdaftar dalam lembaga pemerintahan yang menaungi jenis usaha maka setiap orang dapat mengakses data-data tersebut.

  • Bukti kepatuhan terhadap aturan hukum

    Dengan memiliki unsur legalitas tersebut menandakan bahwa pengusaha telah mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku. Dengan mematuhi hukum yang berlaku, secara tidak langsung ia telah menegakkan budaya disiplin pada diri. Karena kepatuhan pengusaha tersebut merupakan bentuk paling terkecil dari tindakan yang dapat di lakukan terhadap negara dan pemerintahan.

  • Mempermudah mendapatkan suatu proyek

    Ada beberapa jenis usaha seperti misalnya usaha bidang produksi atau developer perumahan tidak terlepas dari proses pemenangan tender suatu proyek, baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah. Dalam suatu tender, mensyaratkan bahwa para peminat harus memiliki dokumen-dokumen hukum. Tentunya unsur-unsur legalitas yang terkait dengan kepemilikan suatu badan usaha guna mengikuti pelelangan suatu sarana perlindungan hukum tender.

  • Mempermudah pengembangan usaha

    Adanya surat izin dan kejelasan legalitas usaha, akan dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan tambahan modal dari lembaga keuangan/Bank yang di butuhkan bagi pengembangan usaha.

APAKAH MASIH PERLU IZIN LOKASI?

Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) yang dulu bernama izin lokasi merupakan salah satu persyaratan dasar yang wajib di penuhi oleh seluruh pelaku usaha.

Namun untuk pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di berikan kemudahan dengan hanya perlu menyampaikan pernyataan mandiri, yang sudah tersedia dalam OSS berbasis risiko, bahwa lokasi usaha telah sesuai dengan tata ruang dan bersedia di kenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku jika di kemudian hari di temukan ketidaksesuaian.

Bagi pelaku usaha yang sudah memiliki izin lokasi dan masih berlaku sebelum Undang-Undang Cipta Kerja, maka izin lokasi tersebut tersebut masih dapat digunakan.

Konfirmasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKKPR) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) tanpa penilaian tidak di kenakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Yang di kenakan PNBP hanyalah PKKPR dengan tahapan penilian atau verifikasi.

Jika permohonan PKKPR di  nyatakan lengkap dan dokumen telah sesuai, pelaku usaha akan menerima pemberitahuan Surat Perintah Setor (SPS). Pembayaran PNBP selambat-lambatnya dilakukan 3 hari sejak SPS di terima. Apabila kode billing telah kedaluwarsa, pelaku usaha dapat mengajukan permintaan ulang kode billing melalui dasbor pelaku usaha.

Penghitungan waktu pemrosesan PKKPR di mulai setelah pembayaran PNBP. Jangka waktu paling lama untuk pemrosesan PKKPR adalah 20 hari setelah pembayaran PNBP, termasuk juga penerbitan Pertimbangan Teknis (Pertek) pertanahan.

Permohonan PKKPR di sistem OSS akan langsung di teruskan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tata ruang, kantor pertanahan, dan/atau Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sesuai dengan kewenangannya.

Dalam Mendirikan Sebuah PT, Butuh Berapa Orang? 

Pendirian PT minimal 2 orang, sebagai Direktur dan sebagai Komisaris sekaligus pemegang saham.

Pengurus (Direktur/ Komisaris) bisa juga menjadi pemegang saham, namun pengurus hanya bisa menjabat salah satu posisi.

Sebagai contoh, Direktur boleh sekaligus menjabat sebagai pemegang saham namun tidak bisa menjabat sekaligus sebagai komisaris dan hanya bisa memilih salah satu jabatan pengurus.

Untuk artikel lainnya bisa kalian klik di sini

Syarat Pendirian PT:

  1. Nama PT (minimal 3 kata) & Alamat Usaha
  2. COPY KTP + NPWP Para pendiri minimal 2 orang 
  3. Mengisi formulir pendirian perusahaan 
  4. Surat sewa kantor / bukti kepemilikan bangunan
  5. Copy PBB tahun terakhir/IPB/IMB

LEGALITAS:

  1. akta notaris
  2. SK kemenkumham
  3. NPWP Badan & SKT
  4. NIB
  5. OSS

Klasifikasi dalam mendirikan Perseroan Terbatas (PT):

UMK (Usaha Mikro, Kecil):

  • PT Klasifikasi Mikro dengan modal Setor sebesar  51 Jt ~ 1 Miliyar
  • PT Klasifikasi Kecil dengan modal Setor sebesar  1 Miliyar ~ 5 Miliyar

Non UMK:

  • PT Klasifikasi Menengah dengan modal Setor sebesar 5 Miliyar ~ 10 Miliyar
  • PT Klasifikasi Besar dengan modal Setor sebesar 10 Miliyar

Pada pendirian PT kami akan memberikan Form Isian, silahkan anda menghubungi kami atau tinggalkan pesan atau klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi Kami
Selamat datang di Mitra Perijinan.
Ada yang bisa kami bantu ?