Surat Ijin Industri

Surat Ijin Industri

Untuk keberlangsungan suatu usaha, para pelaku usaha diwajibkan untuk mengurus berbagai perizinan yang disyaratkan oleh peraturan yang berlaku, sebagai bukti legalitas usaha tersebut.

Terkhusus usaha di bidang Industri, pengusaha memerlukan yang namanya Izin Usaha Industri (IUI), yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah. Dengan memiliki IUI resmi, suatu usaha industri akan diakui keberadaannya secara hukum dan tentunya akan lebih mudah untuk para pelaku usaha industri berkembang ke skala industri yang lebih besar.

Kewajiban memiliki IUI ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah No.107/2015 tentang izin usaha industri yang menyatakan bahwa setiap kegiatan usaha industri wajib memiliki Izin Usaha Industri (IUI).

Untuk Pengertian IUI, Syarat dan lainnya, Simak Ulasan Berikut.

SURAT IZIN INDUSTRI

Izin Usaha Industri (IUI) merupakan suatu izin usaha yang diwajibkan bagi para pelaku usaha industri. Berdasarkan Pasal 60 Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (PP 5/2021), Usaha Industri terdiri atas usaha mengolah bahan baku sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, dan usaha menyediakan jasa industri.

Jadi IUI ini berlaku bagi semua bidang usaha, yang menghasilkan barang bernilai lebih tinggi dibanding bahan dasarnya. Contohnya seperti usaha pembuatan pakaian, pembuatan alat-alat memasak, pembuatan mesin-mesin, pembuatan pangan olahan, dan lainnya.

KLASIFIKASI INDUSTRI Dalam Pasal 60 ayat (4) PP 5/2021, Usaha Industri diklasifikasikan atas:

  • Industri Kecil;
  • Industri Menengah; dan
  • Industri Besar.

Pasal 2 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 107 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Industri (PP 107/2015) menetapkan bahwa klasifikasi Usaha Industri tersebut didasarkan atas jumlah tenaga kerja dan/atau nilai investasi. Secara lengkap, klasifikasi tersebut dijelaskan dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 64 Tahun 2016 tentang Besaran Jumlah Tenaga Kerja dan Nilai Investasi untuk Klasifikasi Usaha Industri, yaitu sebagai berikut:

  1. Industri Kecil

Tenaga kerja paling banyak 19 orang dan nilai investasi kurang dari Rp1 Milyar (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha). Tanah dan bangunan lokasinya menjadi satu dengan lokasi tempat tinggal pemilik usaha.

  1. Industri Menengah

Tenaga kerja paling banyak 19 orang dan nilai investasi paling sedikit Rp1 Milyar; atau tenaga kerja paling sedikit 20 orang dan nilai investasi paling banyak Rp15 Milyar.

  1. Industri Besar

Tenaga kerja paling sedikit 20 orang dan nilai investasi lebih dari Rp15 Milyar.

Usaha Industri wajib dilakukan di lokasi kawasan industri. Namun, perusahaan dapat juga melakukan Usaha Industri di luar kawasan industri, apabila (Pasal 65 ayat (2) PP 5/2021):

  1. Berlokasi di daerah kabupaten/kota yang belum memiliki kawasan industri atau telah memiliki kawasan industri tetapi seluruh kavling industri dalam kawasan industrinya telah habis;
  2. Berlokasi di zona industri dalam Kawasan Ekonomi Khusus;
  3. Termasuk klasifikasi industri kecil dan industri menengah yang tidak berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan hidup yang berdampak luas; atau
  4. Industri yang menggunakan bahan baku khusus dan/atau proses produksinya memerlukan lokasi khusus.

Bagi huruf a dan industri menengah pada huruf c wajib berlokasi di kawasan peruntukan industri sesuai dengan rencana tata ruang wilayah nasional, rencana tata ruang wilayah provinsi, atau rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota (Pasal 65 ayat (3) PP 5/2021).

SYARAT-SYARAT ADMINISTRATIF

Syarat administratif yang diperlukan untuk mendapatkan IUI adalah sebagai berikut (Pasal 16 dan 20 PP 107/2015):

  1. IUI Kecil
  • Fotokopi identitas pemilik usaha;
  • Fotokopi NPWP; dan
  • Fotokopi dokumen yang dipersyaratkan sesuai bidang usahanya.
  1. IUI Menengah dan Besar
  • Fotokopi identitas pemilik usaha;
  • Fotokopi NPWP;
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan yang telah disahkan pejabat berwenang;
  • Fotokopi izin lingkungan;
  • Fotokopi dokumen yang dipersyaratkan sesuai bidang usahanya.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami atau tinggalkan pesan atau klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi Kami
Selamat datang di Mitra Perijinan.
Ada yang bisa kami bantu ?