Surat Ijin Industri

Surat Ijin Industri

Untuk keberlangsungan suatu usaha, para pelaku usaha diwajibkan untuk mengurus berbagai perizinan yang disyaratkan oleh peraturan yang berlaku, sebagai bukti legalitas usaha tersebut.

Terkhusus usaha di bidang Industri, pengusaha memerlukan yang namanya Izin Usaha Industri (IUI), yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah. Dengan memiliki IUI resmi, suatu usaha industri akan diakui keberadaannya secara hukum dan tentunya akan lebih mudah untuk para pelaku usaha industri berkembang ke skala industri yang lebih besar.

Kewajiban memiliki IUI ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah No.107/2015 tentang izin usaha industri yang menyatakan bahwa setiap kegiatan usaha industri wajib memiliki Izin Usaha Industri (IUI).

Untuk Pengertian IUI, Syarat dan lainnya, Simak Ulasan Berikut.

PENGERTIAN IZIN USAHA INDUSTRI

Sebelum membahas pengertian Izin Usaha Industri, perlu dipahami bahwa industri berarti suatu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi menjadi barang bernilai lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk di dalamnya kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

Hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam peraturan pemerintah yang telah disebutkan diatas, bahwa kegiatan usaha industri merupakan kegiatan mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya Industri untuk tujuan sebagai berikut :

  1. menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi; dan/atau
  2. menyediakan jasa industri.

Lalu apa itu Izin Usaha Industri ?

Izin Usaha Industri (IUI) adalah izin operasional yang diberikan kepada setiap orang atau badan untuk melakukan kegiatan usaha bidang industri yang mengolah suatu bahan baku menjadi suatu produk dengan suatu komposisi dan spesifikasi baru .

Izin Usaha Industri ini sendiri wajib dimiliki secara pribadi atau perusahaan yang bergerak di bidang usaha indsutri atau pengolahan barang. Namun demikian, masih terdapat usaha industri skala rumah tangga dan/atau industri yang tidak menghasilkan limbah berbahaya bagi lingkungan belum memiliki izin ini.

UNTUK MEMILIKI IUI ADA BEBERAPA PERSYARATAN YANG HARUS DI LENGKAPI, DIANTARANYA :

Ijin Industri

1. Foto copy Akte Notaris .
2. Foto Copy Domisili
3. Foto Copy NPWP
4. Foto Copy Sertifikat Bangunan
5. Foto Copy PBB
6. Foto copy KTP Penanggung Jawab.
7. UUG/HO (Undang – Undang Gangguan).
8. Persetujuan Tetangga.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami atau tinggalkan pesan atau klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Hubungi Kami
Selamat datang di Mitra Perijinan.
Ada yang bisa kami bantu ?